Sunday 25 October 2015

6 Tips Aman Berasuransi


Terlalu banyak pilihan produk asuransi bisa jadi membingungkan. Tetapi jika sudah tahu jenis yang dibutuhkan, Anda dapat segera melakukan langkah-langkah ini untuk menentukan pilihan dan berasuransi dengan aman.
1.  Belanja Info 

Seperti halnya mencari barang kebutuhan, ketika mencari asuransi sebaiknya Anda menetapkan 3 produk untuk dibandingkan. Lakukan riset informasi dengan internet atau berbicara pada seorang agen asuransi. Informasi detail yang didapatkan akan membantu Anda membuat keputusan.
2.  Hubungi Agen 
Langsung menghubungi agen asuransi adalah langkah yang sangat tepat. Agen akan membantu Anda membuat perbandingkan. Ingat, bahwa agen asuransi yang baik tidak segera menawarkan produk asuransi; sebaliknya ia akan lebih dulu mencari tahu kebutuhan Anda. 
3. Jadilah Nasabah dari Satu Perusahaan Asuransi 
Biasanya, perusahaan asuransi mempunyai program diskon untuk produk kedua, ketiga dan seterusnya yang akan dibeli. Jika Anda membutuhkan jenis asuransi yang lain, segera kontak agen Anda, untuk mendapatkan informasi tersebut. Selain manfaat diskon, Anda juga tidak perlu membuang waktu untuk menjalani proses awal, karena perusahaan telah memiliki data Anda.
4. Cara Menghindari Klaim 
Keindahan berasuransi adalah apapun risiko yang dialami akan dilindungi. Sebagai nasabah, Anda tidak perlu mencemaskan kejadian buruk yang berhubugan dengan obyek asuransi. Tetapi, jika risiko yang terjadi relatif kecil, seperti; mobil tergores, atau agak penyok karena diseruduk motor, sebaiknya ditangani sendiri. Hal ini disebabkan karena klaim-klaim kecil berpengaruh dan menurunkan nilai pertanggungan secara keseluruhan. 
5. Meningkatkan Deductible 
Pada prinsipnya deductible adalah barometer negosiasi rate asuransi, semakin tinggi deductible, maka makin rendah rate asuransi. Deductible adalah komitmen tertanggung, agar ikut bertanggung jawab atas obyek asuransi. Jadi deductible adalah unsur yang penting untuk diperhatikan selain informasi premi, uang pertanggungan dan diskon, agar tidak kaget ketika mengajukan klaim. 

6. Periode Pembayaran Premi 

Premi asuransi dapat dibayarkan setiap bulan. Setiap kali membayar, kemungkinan akan ada biaya administrasi yang dikenakan. Inilah sebabnya perusahaan asuransi menawarkan fasilitas pembayaran setiap periode tertentu yang relatif panjang, seperti; per tahun, atau per enam bulan. Demi kepentingan jangka panjang, sebaiknya memikirkan untuk tidak terlalu sering membayar premi, karena relatif lebih dapat berhemat.

No comments:

Post a Comment