Sunday 25 October 2015

Rangkuman Mata Kuliah Pengantar Manajemen


 Manajemen adalah pengelolaan faktor produksi yang digunakan agar dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sehingga proses produksi berjalan lancar, efektif, efisien.
Fungsi manajemen :
1.      Perencanaan yaitu menentukan tujuan, tugas, sumber daya.
2.      Perorganisasian yaitu menentukan dan mengelompokan tugas-tugas.
3.      Kepemimpian yaitu pengeruh motifasi.
4.      Pengendalian yaitu mengawasi aktivitas, koreksi, target dan tujuan.
Perspektif Sistem dalam Manajemen
  Sistem terbuka adalah sistem yang melakukan interaksi dengan lingkungan dimana kebalikannya, sistem tertutup tidak melakukan interaksi dengan lingkungan.
  Sub-sistem merupakan elemen-elemen dalam sistem organisasi atau manajemen yang satu sama lainnya saling berkaitan
  Sinergi adalah konsep yang menjelaskan bahwa pekerjaan yang dilaksanakan secara bersama-sama akan memberikan hasil yang lebih baik daripada jika hanya dikerjakan oleh seorang saja.
  Entropi adalah kondisi dimana organisasi mengalami penurunan produktifitas dan kualitasnya disebabkan ketidakmampuan dalam membaca dan beradaptasi dengan lingkungan.
Empat fungsi utama Manajemen
• Planning
• Organizing
• Leading
• Controlling
Seringkali ditambah fungsi lain:
• Staffing
•      Planning
•      Menentukan tujuan organisasi dan memilih serangkaian aksi dari beberapa alternatif yang ada untuk mencapai tujuan tersebut
•      Menentukan apa yang harus dilakukan, bagaimana, kapan dan siapa yang melakukan
•      Organizing
•      Menentukan bagaimana aktivitas dan sumber daya dikelompokkan
•      Menentukan komposisi tim kerja dan aktivitas koordinasi
•      Leading
•      Serangkaian proses yang digunakan untuk membuat semua personel organisasi bekerja sama untuk meningkatkan keuntungan
•      Memotivasi dan berkomunikasi dengan SDM organisasi untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai
•      Controlling
•      Memonitor kemajuan organisasi dalam mencapai tujuan
•      Proses membandingkan hasil dan harapan, dan melakukan perubahan-perubahan yang tepat
•      Staffing
•      Rekruitasi, seleksi, pemberian tugas, pelatihan, pengembangan, evaluasi dan pemberian kompensasi kepada staff


No comments:

Post a Comment