Sunday 25 October 2015

5 Tips Mencapai Keuangan Keluarga yang Sehat


Mencapai keuangan yang sehat sama halnya seperti mencapai kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan dapat mendatangkan ‘penyakit’ dalam hidup Anda. Namun, mengelola keuangan keluarga yang sehat bukanlah perkara mudah. Coba simak tips sukses mengelola keuangan keluarga yang sehat berikut ini:
1. Kenali lalu lintas keuangan keluarga Anda
Wajib untuk mengetahui jumlah pemasukan, tabungan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Catat seluruh pengeluaran Anda untuk keperluan sehari-hari termasuk: tagihan listrik, telepon, perawatan mobil, biaya periksa dokter, cicilan rumah, dan lain-lain.
2. Atur rencana keuangan yang realistis
Rencana keuangan yang realistis membantu Anda bersikap obyektif soal pengeluaran yang berlebihan. Anggarkan jumlah yang realistis dan Anda pun harus patuh dengan anggaran tersebut. Jalani gaya hidup sesuai dengan tingkat yang Anda mampu.
3. Pertimbangkan dengan baik antara "kebutuhan" dan "keinginan"
Tak jarang kita membelanjakan uang untuk hal yang tidak kita butuhkan dan hanya karena keinginan sesaat. Buatlah daftar untuk item belanja, lalu tentukan setiap item belanja, apakah barang tersebut merupakan kebutuhan dan keinginan.
4. Hindari hutang dan berinvestasilah!
Jangan mudah tergoda untuk membeli berbagai benda secara kredit. Tumbuhkan kebiasaan keuangan yang sehat dengan tidak memiliki hutang konsumtif. Lalu mulailah berinvestasi dan konsultasikan dengan ahli keuangan yang handal!
5. Tetapkan tujuan atau cita-cita finansial
Tetapkan tujuan keuangan Anda yang spesifik, realistis, terukur dan dalam kurun waktu tertentu, sehingga membantu Anda lebih fokus merancang keuangan. Misalnya: bercita-cita memiliki rumah dua tingkat di kawasan elit.

No comments:

Post a Comment