Sunday 25 October 2015

7 Tips Penting untuk Pemegang Polis


Sering kali kita mendengar tentang gagal klaim asuransi atau proses klaim yang panjang, sulit dan memakan waktu, juga “penipuan” oleh pihak penerbit asuransi. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi jiwa, ada baiknya Anda menganalisa dan mencari informasi mengenai asuransi yang akan dipilih. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum mengantongi polis asuransi:
1. Teliti sebelum membeli 

Luangkan waktu untuk membaca seteliti mungkin seluruh ketentuan dalam polis, jadwal perlindungan dan manfaatnya. Alangkah lebih baik lagi, jika Anda membandingkan penawaran yang satu dengan yang lainnya. Tentu hal ini tidak mudah tetapi ingatlah setiap penerbit asuransi menyediakan cakupan perlindungan berbeda, dengan premi berbeda pula. Premi bisa juga ditetapkan berbeda karena perbedaan skor kredit, usia, jenis kelamin, dan status pernikahan. Batasan apa pun yang disebutkan dalam polis akan mempengaruhi proses klaim Anda nantinya
2. Pastikan penerbit asuransi memiliki reputasi dan kekuatan keuangan yang solid 
Pastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki catatan reputasi dan kondisi keuangan yang kuat dan sehat. Perusahaan asuransi pilihan Anda harus cakap dalam mengembangkan aset,yang merupakan akumulasi dari dana milik para pemegang polis . Cek, apakah pernah terjadi isu-isu di masa lalu yang perlu Anda waspadai? 
3. Ada biaya untuk asuransi, tapi tanpa asuransi bisa-bisa Anda membayar lebih mahal
Nilai premi juga menjadi pertimbangan bagi Anda, tetapi itu bukan satu-satunya faktor untuk memilih perusahaan asuransi. Merupakan langkah yang tidak bijaksana bila preferensi pilihan Anda semata-mata karena faktor harga.
4. Tentukan nilai perlindungan 
Saat mengajukan klaim, jumlah pertanggungan yang Anda terima sesuai dengan kesepakatan awal dengan penerbit asuransi dan sesuai dengan nilai premi yang Anda bayarkan. Pastikan perlindungan Anda memadai! 
5. Untuk yang masih sendiri, sudah menikah, atau yang sudah keluarga? 
Jika Anda dan pasangan sama-sama  memiliki asuransi, hitung ulang nilai perlindungan yang diperlukan dan preminya. Mana yang lebih murah: Membayar untuk Anda dan pasangan secara terpisah, ataukah cukup menanggung salah seorang saja? 

6.  Ungkapkan sejujurnya 

Asuransi menggunakan prinsip “Utmost Good Faith” atau prinsip “Itikad Baik Sepenuhnya”. Menutup-nutupi sejumlah fakta demi premi lebih murah akan menambah masalah. Penerbit asuransi pasti akan melakukan penyelidikan sebelum membayarkan manfaat Anda.

7. Simpan dokumen polis asuransi di tempat aman

Penyimpanan dokumen ini penting, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya saat mengajukan klaim atau mengecek perlindungan.

No comments:

Post a Comment