Saturday 17 January 2015

MATERI SENI BUDAYA KELAS 1

batik-toraja
1. Pengertian Kebudayaan dan Seni
1.1. Pengertian Kebudayaan
Menurut Koentjoroningrat (1986), kebudayaan dibagi ke dalam tiga
sistem, pertama sistem budaya yang lazim disebut adat-istiadat, kedua
sistem sosial di mana merupakan suatu rangkaian tindakan yang berpola dari
manusia. Ketiga, sistem teknologi sebagai modal peralatan manusia untuk
menyambung keterbatasan jasmaniahnya.
Berdasarkan konteks budaya, ragam kesenian terjadi disebabkan
adanya sejarah dari zaman ke zaman. Jenis-jenis kesenian tertentu
mempunyai kelompok pendukung yang memiliki fungsi berbeda. Adanya
perubahan fungsi dapat menimbulkan perubahan yang hasil-hasil seninya
disebabkan oleh dinamika masyarakat, kreativitas, dan pola tingkah laku
dalam konteks kemasyarakatan.
Koentjoroningrat mengatakan, Kebudayaan Nasional Indonesia
adalah hasil karya putera Indonesia dari suku bangsa manapun asalnya,
yang penting khas dan bermutu sehingga sebagian besar orang Indonesia
bisa mengidentifikasikan diri dan merasa bangga dengan karyanya.
Kebudayaan Indonesia adalah satu kondisi majemuk karena ia
bermodalkan berbagai kebudayaan, yang berkembang menurut tuntutan
sejarahnya sendiri-sendiri. Pengalaman serta kemampuan daerah itu
memberikan jawaban terhadap masing-masing tantangan yang memberi
bentuk kesenian, yang merupakan bagian dari kebudayaan.
Untuk lebih jelas dapat diterangkan apa-apa saja yang
menggambarkan kebudayaan, misalnya ciri khas bentuk rumah adat daerah
yang berbeda satu dengan daerah lainnya, sebagai contoh ciri khas rumah
adat di Jawa mempergunakan joglo sedangkan rumah adat di Sumatera dan
rumah adat Hooi berbentuk panggung

2. Alat Musik
Seperti halnya rumah adat, alat musik di setiap daerah pun berbeda
dengan alat musik di daerah lainnya. Jika dilihat dari perbedaan jenis
bentuk serta motif ragam hiasnya beberapa alat musik sudah dikenal di
berbagai wilayah, pengetahuan kita bertambah setelah mengetahui alat
musik seperti yang terlihat di gambar berikut ini Grantang, Tifa dan
Sampe.
3. Seni Tari
Di samping rumah adat, alat musik, Indonesia juga memiliki
keanekaragaman Seni Tari, seperti tari Saman dari Aceh dan tari Merak
dari Jawa Barat.
4. Kriya Ragam Hias
Selain kaya akan keanekaragaman musik dan tarian tradisi, Indonesia
juga kaya akan keanekaragaman hiasan serta motif-motif tradisional.
Kriya ragam hias dengan motif-motif tradisional, dan batik yang sangat
beragam dari daerah tertentu, dibuat di atas media kain, dan kayu.
Gambar berikut adalah Kriya Ragam Hias.
5. Properti Kesenian
Kesenian Indonesia memiliki beragam-ragam bentuk selain seni musik,
seni tari, seni teater, kesenian wayang golek dan topeng merupakan
ragam kesenian yang kita miliki. Wayang golek adalah salah satu bentuk
seni pertunjukan teater yang menggunakan media wayang, sedangkan
topeng adalah bentuk seni pertunjukan tari yang menggunakan topeng
untuk pendukung.
6. Pakaian Daerah
Setiap propinsi memiliki kesenian, pakaian dan benda seni yang berbeda
antara satu daerah dengan daerah lainnya. Gambar berikut adalah
pakaian daerah Kalimantan
7. Benda Seni
Kaya dan kreatif adalah sebutan yang sesuai untuk bangsa kita, karya
seni yang tidak dapat dihitung ragamnya, merupakan identitas dan
kebanggaan bangsa Indonesia. Benda seni atau souvenir yang terbuat
dari perak yang beasal dari Kota Gede di Yogyakarta adalah salah satu
karya seni bangsa yang menjadi ciri khas daerah Yogyakarta, karya seni
dapat menjadi sumber mata pencaharian dan objek wisata.Kesenian khas yang mempunyai nilai-nilai filosofi misalnya kesenian
Ondel-ondel dianggap sebagai boneka raksasa mempunyai nilai filosofi
sebagai pelindung untuk menolak bala, nilai filosofi dari kesenian Reog
Ponorogo mempunyai nilai kepahlawanan yakni rombongan tentara
kerajaan Bantarangin (Ponorogo) yang akan melamar putri Kediri dapatdiartikan Ponorogo menjadi pahlawan dari serangan ancaman musuh,
selain hal-hal tersebut, adat istiadat, agama, mata pencaharian, sistem
kekerabatan dan sistem kemasyarakatan, makanan khas, juga
merupakan bagian dari kebudayaan.
Contoh beberapa kebudayaan yang memiliki daya tarik yang tinggi bagi
turis mancanegara dan turis lokal antara lain, adat istiadat di Tana Toraja,
kebiasaan perempuan suku Dayak di Kalimantan yang senang
menggunakan anting yang panjang, berat dan banyak, upacara ngaben
(pembakaran mayat) di Bali.
Berikut diuraikan contoh adat istiadat atau sistem kemasyarakatan di
Tana Toraja yang meliputi :
8. Adat Istiadat
1. Suku Toraja
Suku Toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian
utara Sulawesi Selatan, Indonesia.
Nama Toraja mulanya diberikan oleh suku Bugis Sidenreng dan
dari Luwu. Orang Sidenreng menamakan penduduk daerah ini dengan
sebutan To Riaja, artinya “Orang yang berdiam di negeri atas atau
pegunungan”, sedangkan orang Luwu menyebutnya To Riajang, artinya
orang yang berdiam di sebelah barat. Ada juga versi lain kata Toraya. To
= Tau (orang), Raya = Maraya (besar), artinya orang orang besar,
bangsawan. Lama-kelamaan penyebutan tersebut menjadi Toraja, dan
kata Tana berarti negeri, sehingga tempat pemukiman suku Toraja
dikenal kemudian dengan Tana Toraja.
Di wilayah Tana Toraja juga digelar “Tondok Lili’na Lapongan
Bulan Tana Matari’ollo”, arti harfiahnya, “Negeri yang bulat seperti bulan
dan matahari”. Wilayah ini dihuni oleh satu etnis (Etnis Toraja).upacara pemakaman yang biasa disebut “Rambu Tuka”. Di Tana Toraja
mayat tidak di kubur melainkan diletakan di “Tongkanan“ untuk beberapa
waktu. Jangka waktu peletakan ini bisa lebih dari 10 tahun sampai
keluarganya memiliki cukup uang untuk melaksanakan upacara yang
pantas bagi si mayat. Setelah upacara, mayatnya dibawa ke
peristirahatan terakhir di dalam Goa atau dinding gunung.
Tengkorak-tengkorak itu menunjukan pada kita bahwa, mayat itu
tidak dikuburkan tapi hanya diletakan di batuan, atau dibawahnya, atau di
dalam lubang. Biasanya, musim festival pemakaman dimulai ketika padi
terakhir telah dipanen, sekitar akhir Juni atau Juli, paling lambat
September.
Peti mati yang digunakan dalam pemakaman dipahat menyerupai
hewan (Erong). Adat masyarakat Toraja antara lain, menyimpan jenazah
pada tebing/liang gua, atau dibuatkan sebuah rumah (Pa’tane).
Rante adalah tempat upacara pemakaman secara adat yang
dilengkapi dengan 100 buah “batu”, dalam Bahasa Toraja disebut
Simbuang Batu. Sebanyak 102 bilah batu yang berdiri dengan megah
terdiri dari 24 buah ukuran besar, 24 buah sedang, dan 54 buah kecil.
Ukuran batu ini mempunyai nilai adat yang sama, perbedaan tersebut
hanyalah faktor perbedaan situasi dan kondisi pada saat
pembuatan/pengambilan batu. Simbuang Batu hanya diadakan bila
pemuka masyarakat yang meninggal dunia dan upacaranya diadakan
dalam tingkat “Rapasan Sapurandanan” (kerbau yang dipotong sekurangkurangnya
24 ekor)
2. Ngaben – pembakaran Jenasah di Bali
Ngaben adalah upacara pembakaran mayat, khususnya oleh
mereka yang beragama Hindu, dimana Hindu adalah agama mayoritas di
Pulau Seribu, k h u s u s n y a d i B a l i . Di dalam “Panca Yadnya”,
upacara ini termasuk dalam “Pitra Yadnya”, yaitu upacara yang
ditujukan untuk roh lelulur
3. Suku Dayak
Sejak abad ke 17, Suku Dayak di Kalimantan mengenal tradisi
penandaan tubuh melalui tindik di daun telinga. Tak sembarangan orang
bisa menindik diri hanya pemimpin suku atau panglima perang yang
mengenakan tindik di kuping, sedangkan kaum wanita Dayak
menggunakan anting-anting pemberat untuk memperbesar kuping daung
daun telinga, menurut kepercayaan mereka, semakin besar pelebaran
lubang daun telinga semakin cantik, dan semakin tinggi status sosialnya
di masyarakat.
Sumber
Kegiatan-kegiatan adat budaya ini selalu dikaitkan dengan
kejadian penting dalam kehidupan seseorang atau masyarakat. Berbagai
kegiatan adat budaya ini juga mengambil bentuk kegiatan-kegiatan seni
yang berkaitan dengan proses inisiasi perorangan seperti kelahiran,
perkawinan dan kematian ataupun acara-acara ritus serupa selalu ada
unsur musik, tari, sastra, seni rupa. Kegiatan-kegiatan adat budaya ini
disebut Pesta Budaya. Manifestasi dari aktivitas kehidupan budaya
masyarakat merupakan miniatur yang mencerminkan kehidupan sosial
yang luhur, gambaran wajah apresiasi keseniannya, gambaran identitas
budaya setempat.
Kegiatan adat budaya ini dilakukan secara turun temurun dari
zaman nenek moyang dan masih terus berlangsung sampai saat ini,
sehingga seni menjadi perekam dan penyambung sejarah.
Jadi, dapat disimpulkan yang disebut dengan kebudayaan adalah
pikiran, karya, teknologi dan rangkaian tindakan suatu kelompok
masyarakat.
Berbicara tentang apresiasi seni, kita ketahui terlebih dahulu yang
disebut seni dan klasifikasinya.
1.3. Sifat Dasar Seni
Berdasarkan hasil telaah terhadap teori-teori seni, disimpulkan bahwa seni
memiliki sekurang-kurangnya 5 ciri yang merupakan sifat dasar seni (Gie,
1976:41-46). Uraian mengenai sifat dasar seni adalah sebagai berikut:
a. Ciri pertama adalah sifat kreatif dari seni. Seni merupakan suatu
rangkaian kegiatan manusia yang selalu mencipta karya baru.
b. Ciri kedua adalah sifat individualitas dari seni. Karya seni yang diciptakan
oleh seorang seniman merupakan karya yang berciri personal, Subyektif
dan individual. Sebagai contoh, (1) Lagu ciptaan Iwan Fals terdengar
berbeda dari lagu ciptaan Ebiet G. Ade; (2) Lukisan Lucia hartini yang
bercorak Surrealisme menampilkan kekuatan daya fantasi atau imajinasi
alam mimpi melalui penguasaan teknik melukis yang piawai.
c. Ciri ketiga adalah seni memiliki nilai ekspresi atau perasaan. Dalam
mengapresiasi dan menilai suatu karya seni harus memakai kriteria atau
ukuran perasaan estetis. Seniman mengekspresikan perasaan estetisnya
ke dalam karya seninya lalu penikmat seni (apresiator) menghayati,
memahami dan mengapresiasi karya tersebut dengan perasaannya.
Sebagai contoh, (1) lagu “Imagine” karya John Lennon merupakan
ungkapan kepeduliannya terhadap nilai-nilai humanisme dan perdamaian
sehingga menggugah perasaan siapapun yang mendengar.
d. Ciri keempat adalah keabadian sebab seni dapat hidup sepanjang masa.
Konsep karya seni yang dihasilkan oleh seorang seniman dan diapresiasi
oleh masyarakat tidak dapat ditarik kembali atau terhapuskan oleh waktu.
Sebagai contoh, (1) lagu Indonesia Raya karangan WR. Supratman
sampai saat ini masih tetap abadi dan diapresiasi masyarakat walaupun
beliau telah wafat; (2) Karya-karya lukis S. Sudjojono dan Affandi sampai
saat ini masih diapresiasi oleh masyarakat dan sangat diminati oleh para
kolektor lukisan walaupun beliau telah wafat
e. Ciri kelima adalah semesta atau universal sebab seni berkembang di
seluruh dunia dan di sepanjang waktu. Seni tidak dapat dipisahkan dari
kehidupan masyarakat. Sejak jaman pra sejarah hingga jaman modern ini
orang terus membuat karya seni dengan beragam fungsi dan wujudnya
sesuai dengan perkembangan masyarakatnya. Sebagai contoh, (1)
desain mode pakaian terus berkembang sesuai trend-mode yang selalu
berubnah dari waktu ke waktu dan banyak mempengaruhi gaya hidup
masyarakat metropolitan; (2) Di banyak negara di dunia seperti Belanda,
Inggris, Jepang, Cina, Indonesia dan sebagainya dijumpai produk keramik
dalam berbagai bentuk dan fungsinya.
1.4. Struktur Seni
The Liang Gie (1976-70) menjelaskan bahwa dalam semua jenis kesenian
terdapat unsur-unsur yang membangun karya seni sebagai berikut:
a. Struktur seni merupakan tata hubungan sejumlah unsur-unsur seni yang
membentuk suatu kesatuan karya seni yang utuh. Contoh struktur seni
dalam bidang seni rupa adalah garis, warna, bentuk, bidang dan tekstur.
Bidang seni musik adalah irama dan melodi. Bidang seni tari adalah
wirama, wirasa dan wiraga. Bidang seni teater adalah gerak, suara dan
lakon.
b. Tema merupakan ide pokok yang dipersoalkan dalam karya seni. Ide
pokok suatu karya seni dapat dipahami atau dikenal melalui pemilihan
subject matter (pokok soal) dan judul karya. Pokok soal dapat
berhubungan dengan niat estetis atau nilai kehidupan, yakni berupa:
objek alam, alam kebendaan, suasana atau peristiwa yang metafora atau
alegori. Namun tidak semua karya memiliki tema melainkan kritik.
c. Medium adalah sarana yang digunakan dalam mewujudkan gagasan
menjadi suatu karya seni melalui pemanfaatan material atau bahan dan
alat serta penguasaan teknik berkarya. Tana medium tak ada karya seni.
Pada seni rupa mediumnya adalah objek estetik dua dimensi (lukisan cat
air, etsa, cukil, kayu, dan lain-lain), objek estetik tita dimensi (patu batu,
relief logam, ukiran kayu). Semua jenis seni mempergunakan medium,
seni musik mempergunakan medium bunyi (nada), kalau seni tari
mempergunakan medium gerak, seni teater mempergunakan semua itu
oleh sebab itu teater dikatakan seni yang mempergunakan multimedia,
seni sastra mempergunakan keta-keta sebagai medium, seni lukis
mempergunakan garis, bidang dan warna, kalau seni sastra
menggunakan kataa sebagai medium. Kalau seni dapat dianggap sebagai
bahasa maka setiap cabang seni memiliki bahasa tersendiri, sastra
memiliki bahasa verbal, seni rupa memiliki bahasa plastis, seni tari
memiliki bahasa kinetis, seni musik bahasa audio, seni lukis memiliki
bahasa visual, begitu pula seni memiliki dimensi, seni musik mempunyai
dimensi waktu, seni tari memiliki dimensi gerak, dan seni rupa memiliki
dimensi ruang.
d. Gaya atau style dalam karya seni merupakan ciri ekspresi personal yang
khas dari si seniman dalam menyajikan karyanya. Menurut Soedarso SP
(1987:79), gaya adalah ciri bentuk luar yang melekat pada wujud karya
seni, sedangkan aliran berkaitan dengan isi karya seni yang
merefleksikan pandangan atau prinsip si seniman dalam menanggapi
sesuatu.
1.5. Pengertian Nilai Seni
Secara umum kata “nilai” diartikan sebagai harga, kadar, mutu atau
kualitas. Untuk mempunyai nilai maka sesuatu harus memiliki sifat-sifat yang
penting yang bermutu atau berguna dalam kehidupan manusia
(Purwadarminto, 1976:667). Dalam estetika, “nilai” diartikan sebagai
keberhargaan (worth) dan kebaikan (goodness). Menurut Koentjaraningrat,
“nilai” berarti suatu ide yang paling baik, yang menjunjung tinggi dan menjadi
pedoman manusia/masyarakat dalam bertingkah laku, mengapresiasi cinta,
keindahan, keadilan, dan sebagainya
Nilai seni dipahami dalam pengertian kualitas yang terdapat dalam
karya seni, baik kualitas yang bersifat kasat mata maupun yang tidak kasat
mata. Nilai-nilai yang dimiliki karya seni merupakan manifestasi dari nilai-nilai
yang dihayati oleh seniman/seniwati dalam lingkungan sosial budaya
masyarakat yang kemudian diekspresikan daam wujud karya seni dan
dikomunikasikan kepada penikmatnya (publik seni).
Ragam Nilai Seni
Peran keindahan selalu terkait dengan kehidupan sosial budaya
manusia sehari-hari, misalnya: dalam arsitektur rumah tinggal, menata
interior/eksterior, berbusana, menikmati keindahan musik dan sebagainya.
Manusia memerlukan keindahan karena memberikan kesenangan, kepuasan,
sesuatu yang menyentuh perasaan. Perasaan keindahan diperoleh dari alam
dan benda atau karya seni.
Namun dalam perkembangannya, karya seni dicptakan tidak selalu
untuk menyenangkan perasaan manusia. Karya seni dapat memberikan
perasaan terkejut, namun tetap memberikan nilai-nilai yang diperlukan
manusia, seperti perenungan, pemikiran, ajakan, penyadaran, pencerahan,
dan lain sebagainya.
Menurut The Liang Gie jenis nilai yang melekat pada seni mencakup:
1) nilai keindahan, 2) nilai pengetahuan, 3) nilai kehidupan, masing-masing
mempunyai pengertian sebagai berikut :
a. Nilai keindahan dapat pula disebut nilai estetis, merupakan salah satu
persoalan estetis yang menurut cakupan pengertiannya dapat dibedakan
menurut luasnya pengertian, yakni: a) keindahan dalam arti luas
(keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan
intelektual), b) keindahan dalam arti estetis murni, b) keindhaan dalam arti
estetis murni, c) keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya
dengan penglihatan. Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya
dengan penglihatan pada prinsipnya mengkaji tentang hakikat keindahan
dan kriteria keindahan yang terdapat di alam, dalam karya seni dan
benda-benda lainnya.
b. Dalam kecenderungan perkembangan seni dewasa ini, keindahan positif
tidak lagi menjadi tujuan yang paling penting dalam berkesenian. Sebagaiestetis legatif (ugliness) daripada menyenangkan atau memuaskan
mereka (T.L. Gie, 1976:40). Fenomena semacam ini akan kita jumpai
pada karya-karya seni primitir atau karya seni lainnya yang tidak
mementingkan keidahan tampilan visual namun lebih mementingkan
makna simboliknya. “Ugliness” dalam karya seni termasuk nilai estetis
yang negatif. Jadi sesungguhnya dalam karya seni terdapat nilai estetis
yang positif dan negatif.
Contoh, pameran fotografi Anjasmara dan Isabele Yahya yang
bertemakan Adam dan Hawa yang dinilai sebagai kesenian yang bernilai
estetis negatif.
1.6. Pengertian Ekspresi
Ekspresi adalah proses ungkapan emosi atau perasaan di dalam
proses penciptaan karya seni, proses ekspresi bisa diaktualisasikan melalui
media. Media musik bunyi; media seni rupa adalah garis, bidang dan warna;
media tari adalah gerak, media teaer adalah gerak, suara dan lakon.
1.7. Pengertian Genre (Jenis/Fungsi) Seni
Menurut kritikus tari terkenal di Indonesia, Sal Murgiyanto aspek
penting lain yang harus diperhatikan adalah, fungsi atau tujuan sebuah
pertunjukan. Sebuah pertunjukan dapat dilakukan sebagai sebuah
persembahan/doa/puji kepada arwah leluhur, ungkapan bakti kepada Dewa,
Tuhan, atau penguasa semesta alam. Dapat juga dilakukan untuk menghibur
diri pelakunya dan atau orang lain, untuk meneguhkan identitas atau
menguatkan nilai-nilai yang diyakini seseorang atau sekelompok orang, dan
bagi kenikmatan ragawi (pleasure) pelaku dan penontonnya.
Fungsi kesenian dianggap tak berbeda dengan fungsi ritual.
Kerumitan bentuk-bentuk kesenian mendorong kita untuk memilih istilah,
kesenian ritual dan kesenian hiburan komersial. Kriteria klasifikasi ini dapat
dikatakan sebagai ungkapan jenis kesenian.
Sal Murgiyanto (2004) mengatakan, sesuatu karya harus indah.
Pandangan ini juga didukung oleh Liang Gie Bapak Estetika seni (1964) yang
menyatakan bahwa, ciri pokok seni adalah ekspresi, oleh karena itu,
penilaian terhadap karya seni harus dilakukan berdasarkan ukuran perasaan
estetis dan nilai-nilai.
Fungsi Seni
Fungsi-fungsi seni terdiri atas fungsi ritual, pendidikan, komunikasi,
hiburan, artistik dan fungsi guna.
Sumber : Endo Suanda
Gambar 1.20. Macam-macam Fungsi Seni
Bagaimana kita dapat mengidentifikasikan sebuah karya seni
khususnya kesenian tradisi berdasarkan fungsi-fungsinya. Berikut diuraikan
tentang fungsi-fungsi seni.
Fungsi Ritual
Suatu pertunjukan yang digunakan untuk sebuah upacara yang berhubungan
dengan upacara kelahiran, kematian, ataupun pernikahan.
Contoh : Gamelan yang dimainkan pada upacara Ngaben di Bali yakni
gamelan Luwang, Angklung, dan Gambang.
Gamelan di Jawa Gamelan Kodhok Ngorek, Monggang, dan
Ageng.
Fungsi Pendidikan
Seni sebagai media pendidikan misalnya musik.
Contoh : Ansambel karena didalamnya terdapat kerjasama, Angklung
dan Gamelan juga bernilai pendidikan dikarenakan kesenian
tersebut mempunyai nilai sosial, kerjasama, dan disiplin.
Fungsi Komunikasi
Suatu pertunjukan seni dapat digunakan sebagai komunikasi atau kritik sosial
melalui media seni tertentu seperti, wayang kulit, wayang orang dan seni
teater, dapat pula syair sebuah lagu yang mempunyai pesan.
Fungsi Hiburan
Seni yang berfungsi sebagai hiburan, sebuah pertunjukan khusus untuk
berekspresi atau mengandung hiburan, kesenian yang tanpa dikaitkan
dengan sebuah upacara ataupun dengan kesenian lain.
Fungsi Artistik
Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dalam menyajikan
karyanya tidak untuk hal yang komersial, misalnya terdapat pada musik
kontemporer, tari kontemporer, dan seni rupa kontemporer, tidak bisa
dinikmati pendengar/pengunjung, hanya bisa dinikmati para seniman dan
komunitasnya.
Fungsi Guna (seni terapan)
Karya seni yang dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya kecuali
sebagai media ekspresi disebut sebagai karya seni murni, sebaliknya jika
dalam proses penciptaan seniman harus mempertimbangkan aspek
kegunaan, hasil karya seni ini disebut seni guna atau seni terapan.
Contoh : Kriya, karya seni yang dapat dipergunakan untuk perlengkapan/
peralatan rumah tangga adalah Gerabah dan Rotan.
Fungsi Seni untuk Kesehatan (Terapi)
Pengobatan untuk penderita gangguan physic ataupun medis dapat
distimulasi melalui terapi musik, jenis musik disesuaikan dengan latar
belakang kehidupan pasien.
Terapi musik telah terbukti mampu digunakan untuk menyembuhkan
penyandang autisme, gangguan psikologis trauma pada suatu kejadian, dan
lain-lain.
Seperti yang telah dikatakan Siegel (1999) menyatakan bahwa musik
klasik menghasilkan gelombang alfa yang menenangkan yang dapat
merangsang sistem limbic jarikan neuron otak. Selanjutnya dikatakan oleh
Gregorian bahwa gamelan dapat mempertajam pikiran
1.8. Pengertian Apresiasi Seni
Menikmati, menghayati dan merasakan suatu objek atau karya seni
lebih tepat lagi dengan mencermati karya seni dengan mengerti dan peka
terhadap segi-segi estetiknya, sehingga mampu menikmati dan memaknai
karya-karya tersebut dengan semestinya.
Kegiatan apresiasi meliputi :
a. Persepsi
Kegiatan ini mengenalkan pada anak didik akan bentuk-bentuk karya
seni di Indonesia, misalnya, mengenalkan tari-tarian, musik, rupa, dan
teater yang berkembang di Indonesia, baik tradisi, maupun moderen.
Pada kegiatan persepsi kita dapat mengarahkan dan meningkatkan
kemampuan dengan mengidentifikasi bentuk seni.
b. Pengetahuan
Pada tahap ini pengetahuan sebagai dasar dalam mengapresiasi baik
tentang sejarah seni yang diperkenalkan, maupun istilah-istilah yang
biasa digunakan di masing-masing bidang seni.
c. Pengertian
Pada tingkat ini, diharapkan dapat membantu menerjemahkan tema
ke dalam berbagai wujud seni, berdasarkan pengalaman, dalam
kemampuannya dalam merasakan musik.
d. Analisis
Pada tahap ini, kita mulai mendeskripsikan salah satu bentuk seni
yang sedang dipelajari, menafsir objek yang diapresiasi.
e. Penilaian
Pada tahap ini, lebih ditekankan pada penilaian tehadap karya-karya
seni yang diapresiasi, baik secara subyektif maupun obyektif.
f. Apresiasi
Apresiasi merupakan bagian dari tujuan pendidikan seni di sekolah
yang terdiri dari tiga hal; value ( nilai ), empathy dan feeling. Value
adalah kegiatan menilai suatu keindahan seni, pengalaman estetis
dan makna / fungsi seni dalam masyarakat. Sedangkan empathy,
kegiatan memahami, dan menghargai. Sementara feeling, lebih pada
menghayati karya seni, sehingga dapat merasakan kesenangan pada
karya seni .
Sejalan dengan rumusan di atas S.E. Effendi mengungkapkan bahwa
apresiasi adalah mengenali karya sehingga menumbuhkan pengertian,penghargaan, kepekaan untuk mencermati kelebihan dan kekurangan
terhadap karya.
Menurut Soedarso (1987) ada tiga pendekatan dalam melakukan apresiasi
yakni : 1). pendekatan aplikatif, 2). pendekatan kesejarahan, 3). pendekatan
problematik.
Pendekatan aplikatif, adalah pendekatan dengan cara melakukan
sendiri macam-macam kegiatan seni. Pendekatan kesejarahan adalah,
dengan cara menganalisis dari sisi periodisasi dan asal usulnya. Sedangkan
pendekatan problematik, dengan cara memahami permasalahan di dalam
seni.
Seorang pengamat akan berbeda dengan pengamat lainnya dalam
menilai sebuah pertunjukan seni. Hal ini didasarkan pada pengalaman
estetik, dan latar belakang pendidikan yang berbeda.
Bahasan kajian dalam mengapresiasi seni pada tingkatan awal dengan
pendekatan aplikatif adalah sebagai berikut:
Seni Musik Klasik
• Ciri khas musiknya
• Bentuk musik dari zamannya
• Struktur musiknya
• Gaya musiknya
Seni Musik Tradisi
• Ciri-ciri khas musiknya : – Laras
– Pola tabuhan
– Instrumen yang dimainkan
– Struktur musiknya
– Gaya musiknya
• Fungsi seni
• Ekspresif (nilai-nilai keindahan)
• Makna / pesan yang terkandung
Seni Tari Kreatif
• Mencermati identifikasi gerak
• Mencermati keharmonisan gerak dan musik
• Mencermati kreativitas gerak
• Mencermati kemampuan wiraga / kelenturan
• Mengidentifikasi jenis tari berdasarkan garapan
• Mengidentifikasi tari berdasarkan orientasi
• Mengidentifikasi berdasarkan fungsinyaSeni Teater
• Mengidentifikasi perbedaan teater dan film
• Mengidentifikasi keberhasilan suatu pementasan
• Mengidentifikasi nada ucapan dan makna dalam dialog
• Mengidentifikasi plot lakon
Seni Rupa
• Makna
• Gaya
• Material
• Elemen
• Estetika

No comments:

Post a Comment